YUSRIL JADI SAKSI AHLI DALAM KASUS BANSOS MANTAN BUPATI KENDAL

image

Yusril Ihza Mahendra hadir sebagai saksi ahli dalam kasus Nurmarkesi di Pengadilan Tipikor Semarang, kemarin 

 SEMARANG- Borgol.com- Sidang lanjutan atas kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) tahun 2010 di Kabupaten Kendal dengan terdakwa Siti Nurmarkesi kembali digelar di Pengadilan Tipikor Semarang, Kamis (27/11).

Dalam sidang yang beragendakan mendengarkan keterangan saksi ahli itu hanya mendengarkan satu orang saja, yaitu pakar hukum tata negara, Yusril Iza Mahendra.

Di hadapan hakim ketua majelis Gatot Susanto, Yuzril mengatakan, kasus yang menjerat mantan Bupati Kendal, Siti Nurmarkesi, tidak masuk ke ranah pidana tetapi masalah administrasi. Meski kasus penyaluran bansos tersebut melanggar aturan namun tidak mengatur pemberian sanksinya.

"Ibaratnya seperti kebijakan Presiden Jokowi yang menyalurkan bantuan ke masyarakat melalui tiga kartu saktinya. Padahal, anggaran untuk ketiga kartu sakti itu belum disahkan," kata Yusril.

Kecuali, katanya, dalam ketentuan peraturan itu menyebut tegas adanya sanksi, maka seorang pejabat yang melakukan perbuatan tersebut bisa dikenai pidana. Termasuk soal pertanggungjawaban atas kebijakan pimpinan yang pelanggarannya dilakukan bawahannya, maka bawahannya-lah yang harus dipersalahkan.pungkas Yusril .**(frin)

 

 

Sat, 29 Nov 2014 @05:45