POLDA JATENG GELAR OPRASI ZEBRA CANDI 2014

image

Semarang –Borgol.Com-Jajaran Ditlantas Polda Jateng mulai hari ini melaksanakan gelar Operasi Zebra Candi 2014 jelang Natal dan Tahun Baru hingga 9 Desember mendatang. Berbagai pelanggaran lalu lintas akan ditindak tegas termasuk truk-truk yang kelebihan muatan akan disidang di tempat.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Nur Ali mengatakan pihaknya tidak main-main menindak truk yang overload karena membahayakan pengguna jalan lain. Untuk itu pihaknya menggandeng Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Jawa Tengah, Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Pengadilan, dan Kodam IV/Diponegoro.

Kapolda juga akan memberlakukan sidang di tempat untuk kendaraan yang bermuatan overload, 
“Ada sidang di tempat pada jembatan timbang, karena selama ini pelanggaran yang terjadi cukup tinggi,”katanya.

Untuk di jembatan timbang, kendaraan yang bermuatan overload untuk sementara belum diturunkan, hanya baru diterapkan sistem dan denda. Untuk muatan yang overload untuk sementara akan diputar balikkan (ke arah semula-red). Namun secara bertahap nantinya kendaraan yang overload akan diturunkan untuk dibongkar.

Kapolda menjelaskan, untuk sasaran lain operasi zebra candi sendiri adalah mereka yang melawan arus lalu lintas khususnya kendaraan roda 2, kendaraan yang menggunakan rotator serta sirine bukan peruntukkannya, nomor kendaraan yang tidak sesuai dengan spektek/aturan, serta aksi geng motor atau balap liar juga akan menjadi sasaran dalam operasi.

Selain itu kendaraan bak terbuka yang bukan untuk muatan orang, pengemudi yang masih di bawah umur, dan angkutan umum yang tidak layak pakai juga akan ditertibkan.

“Sasaran lain yakni mereka yang menaikkan serta menurunkan penumpang tidak di tempatnya, dan kendaraan bus atau truk yang kelebihan muatan baik orang maupun barang akan ditertibkan pula,” jelasnya.

Menurut Kapolda, operasi zebra candi 2014 ini dilaksanakan sebagai upaya cipta kondisi menjelang perayaan hari natal 2014 dan perayaan tahun baru 1 Januari 2015.

Dan yang perlu menjadi perhatian serius adalah masih meningkatnya pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas hingga mengakibatkan korban jiwa.

Diketahui berdasarkan data Anev operasi zebra candi 2013 telah terjadi peristiwa sebagai berikut,

Jumlah laka lantas           :508 kejadian

Korban meninggal dunia :36 orang

Korban luka berat           : 55 orang

Korban luka ringan         : 656 orang

Kerugian material         : RP. 536.252.800,-

Jumlah pelanggaran     :156.913

Tilang                             :101.502

Teguran                          :55.411

sementara itu,Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Istu Hari Whinarto menekankan dalam operasi zebra candi 2014 ini sasarannya adalah pada pengendara kendaraan roda 2 yang tidak memakai helm, karena selama ini diketahui korban meninggal dunia adalah mereka yang tidak memakai helm.

“Itu adalah sasaran utama kita dalam operasi ini,” tegasnya.

Selain pengendara roda 2 yang tidak memakai helm, sasaran lain target operasi zebra candi adalah kendaraan yang bermuatan overloading. Karena justru kendaraan yang overloading ini yang merusak jalan hingga 30-40 persen.

“Ini sudah kebablasan,” tandas Istu.

Untuk itu pihaknya akan selalu hunting sistem (berpatroli). Dan pada jembatan timbang yang merupakan tempat untuk mengalihkan kelebihan muatan, mereka (pengendara overloading-red) akan ditindak dan ditilang (sidang di tempat) yang tentunya akan mendapat pengawalan khusus dari polisi.

“Saya berharap dengan adanya sidang di tempat tersebut mereka akan merasa bosan sendiri dan merasa jera,” pungkas Istu.(uut)

 

 

Thu, 27 Nov 2014 @18:27