Pembangunan Pasar Projo Tahap II Telah Capai 95 Persen

image

   Foto:Pasar Projo Bawen Ungaran dalam penyelesaian  pembangunan 

  

Ungaran .Borgol.Com-Pembangunan Pasar Projo Tahap II senilai Rp.24 miliar yang dikerjakan oleh PT.Handaru Adhiputra, akan selesai pada 8 Desember 2014. Pasalnya saat ini telah dilaksanakan pembangunannya hingga 95 persen. Namun, dalam proses pembangunannya, Pelaksanaan pembangunan pasar tersebut, turut dipantau oleh beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) baik dari Kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang menemukan dugaan pelanggaran yaitu ketebalan folding gate plat besi 0,4 mm yang seharusnya 0,8 mm.

Direktur Operasional PT.Hanaru Adhiputra, Robertus Murjoko ketika mengatakan pihaknya telah melakukan pekerjaan pembangunan pasar projo tersebut sesuai dengan RAB atau spek dalam kontrak yaitu Folding Gate plat besi tebal 0,4 mm.

“Kami telah melakukan pekerjaan sesuai RAB atau spek dalam kontrak, tidak melakukan pengurangan maupun penambahan baik volume maupun spesifikasinya untuk menjaga tepat mutu serta tepat waktu, sesuai perencanaan” kata Murjoko, di kantornya belum lama ini.

Menurutnya, pelaksanaan pekerjaan pembangunan pasar Projo Tahap II Ambarawa, telah sesuai dengan RAB atau spek dalam kontrak. Namun, pihaknya mengakui adanya keterangan tentang ketebalan plat untuk Folding Gate 0,8 mm, yang telah ditemukan di dalam gambar kerja. Namun BQ dan RAB sudah tertulis Folding Gate keterbalan plat 0,4 mm.

Adapun perbedaan antrara gambar dan BQ sudah dilakukan rapat Revisi yang dihadiri PPKom, Konsultan Perencana (PT.Anaba Persada), Konsultan Pengawas (PT.Gurat Rancang Pratama), serta PPHL, pada saat MC 0 (Mutualisme Check Nol) dan disetujui bahwa Folding Gate ketebalan plat 0,4 mm.

“Karena mengacu pada kontrak jika, terjadi perbedaan ketentuan antara BQ dan gambar, maka akan dianut hirarki yang lebih tinggi yaitu BQ dan RAB” kata Murjoko, memperlihatkan Dokumen RAB, Kegiatan Peningkatan Pasar Projo Tahap II, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, tahun 2014. Padah halaman : Pekerjaan Pintu pada poin ke satu : Folding Gate plat besi tebal 0,4 mm. (Yus)

 

 

 

Thu, 27 Nov 2014 @18:26