BUPATI GROBOGAN BUKA PAMERAN TERNAK KAMBING

image

Grobogan.BORGOL.Com .selama dua hari,  Bupati Grobogan,H.BAMBANG PUDJIONO .SH Membuka Pameran peternakan dan perikanan yang digelar Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Grobogan, yang bertempat di halaman Disnakkan Jalan Ahmad Yani Purwodadi diikuti oleh puluhan stan yang memamerkan peralatan, mesin, makanan ringan dan obat-obatan yang berhubungan dengan ternak dan ikan.

Stan yang paling menarik adalah stan dari pameran dan lomba kambing peranakan etawa (PE) Kaligesing. Ternak ini banyak dikunjungi, karena kambing etawa memiliki tinggi hingga satu setengah meter dan panjang dua meter dengan bulu tebal. ”Hewan yang diberikan adalah yang unggul dan mereka rata-rata adalah juara,” kata Kepala Disnakkan drh Riyanto, di sela-sela kegiatan mendampingi bupati mengunjungi beberapa stan.

Selama pameran, juga akan diberikan informasi kepada warga masyarakat tentang profil ternak juara, kelompok ternak juara dan teknologi peternakan. Mulai dari bahan dasar makanan, pembuatan, hingga distribusi hewan ternak. Untuk setiap stan juga menyediakan usaha pengelolaan produk makanan dari bahan ikan, seperti dendeng, abon bandeng, presto, pengasapan, sossis, nugget dan yang lainya.

Masyarakat Grobogan juga sudah dapat mejual hasil dari pembuatan dari hasil ternak seperti Daging sapi untuk abon,dedeng dan makanan lainya yang dapat dijumpai ditoko toko terdekat Di Grobogan Jawa tengah yang sudah dipasarkan.karena Masyarakat Grobogan DiDesa Desa sudah bisa berternak seperti Sapi,Kambihg,Ikan Lele,maupun Ikan Tawar.

Bupati Grobogan Bambang Pudjiono, SH mengatakan, pembangunan sektor peternakan dan perikanan di Grobogan mempunyai peran yang strategis dalam mencerdaskan masyarakat, terutama dalam penyediaan protein hewani. Yaitu melalui penyediaaMn produk-produk seperti daging, telur, susu dan ikan.

”Kebutuhan daging saat ini masih tinggi bahkan Indonesia harus impor. Grobogan sebagai salah satu daerah penghasil daging, maka harus meningkatkan produksi dan kualitasnya,” kata Bupati. Populasi sapi potong di Grobogan terbesar kedua di Jateng setelah Blora. Pada tahun 2013, populasi sapi potong mencapai 154.559 ekor, sapi perah 357 ekor, kambing 109.575 ekor, babi 148 ekor, kerbau 1.973 ekor, kuda 439 ekor, unggas 1.478.822 ekor dan kelinci 15.236 ekor.

Sedangkan produksi ikan air tawan melalui budidaya masyarakat mencapai 1.364,3 ton, produksi penangkapan ikan di perairan umum 814,4 ton dan produksi benih ikan 20,3 juta ekor. (MT.REDI.H)

 

 

Thu, 2 Oct 2014 @06:48
Tags: grobogan