TOLAK SIDANG AMDAL RIBUAN MASYARAKAT PATI HARI INI GELAR DEMO

image

PATI-Borgol.com – Kuatnya penolakan masyarakat terhadap pendirian pabrik semen ternyata tidak menyurutkan investor semen untuk masuk ke Pati. Setelah beberapa kali tertunda, sidang komisi Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL ) oleh pihak konsultan Amdal dari PT Mitra Adhi Pranata  rencananya akan digelar di Balai Pertemuan Hotel Pati, Jl. Sudirman , Rabu (03/9) hari ini .

Untuk mengamankan jalannya sidang Amdal Rabo hari ini, ratusan aparat Kepolisian, TNI dan Satpol PP selasa kemarin mengadakan simulasi pengamanan di Hotel Pati. Pengamanan dilakukan berlapis meliputi di dalam ruang sidang , di kompleks Hotel dan radius 500 meter dari hotel. Massa yang akan berunjuk rasa akan dihalau di radius 500 meter hotel agar tidak mengganggu jalannya sidang.   

Sementara di di DPRD Pati, tokoh sedulur sikep Pati Selatan Gunretno bersama sejumlah warga sedulur sikep mendatangi Kantor DPRD Pati. Mereka menyerahkan tanda tangan warga penolakan warga pemilik tanah di area tapak semen untuk menjual tanah mereka pada investor.  Kedatangan Gunretno diterima langsung oleh Ketua DPRD Pati sementara Ali Badrudin di ruang kerjanya.

Gunretno menegaskan, dokumen Amdal yang dikerjakan PT Mitra Adhi Pranata banyak mengandung manipulasi. Karena warga yang berada di area tapak semen di Kecamatan Tambakromo justru tidak pernah mengetahui adanya proses penyusunan Amdal tersebut.

“Konsultan hanya mendatangi perangkat desa yang sebelumnya sudah dikondisikan,” ujar Gunretno. Karena itu, pihaknya berencana akan mendatangkan seluruh warga yang berada di arena tapak semen maupun sekitarnya dalam sidang Amdal Rabu besok.

Hal senada diungkapkan salah seorang tokoh pemuda Desa Brati, Kayen Mastio . Dia mengaku akan mengerahkan ribuan massa dalam sidang Amdal besok.

“Setiap RT akan membawa massa satu truk penuh,” tegasnya. Selain, warga dari Desa Brati, pengerahan massa juga akan datang dari seluruh desa di Kecamatan Kayen dan Tambakromo dengan total kendaraan minimal 50 truk.Mastio menegaskan, warga tidak main-main dengan penolakan pabrik semen. Karena itu, jika pemerintah dan investor menganggap sebelah mata penolakan warga, dia mempersilakan investor maupun pemerintah untuk menyaksikan apa yang terjadi saat sidang Amdal besok.

Lebih lanjut, dia menyayangkan sikap Bupati Pati Haryanto dan Gubernur Ganjar Pranowo yang terkesan cuci tangan dalam masalah ini dengan dalih tidak mencampuri proses pendirian pabrik semen.

“Semua proses ijin investasi muaranya di bupati dan gubernur, tapi mereka berdalih tidak campur tangan proses ini,” sesalnya.

Hal senada diungkapkan oleh tokoh pemuda Desa Tambakromo, Suyitno. Secara khusus dia mendesak Gubernur Ganjar Pranowo turun tangan dan menyelesaikan polemik panjang terkait pendirian pabrik semen di Pati.

“Kita masih percaya Ganjar tidak akan ngapusi rakyatnya, kita lihat saja bagaimana buktinya,” pungkasnya.

Jika sidang Amdal Rabu (3/9)  berjalan lancar, pihak investor yang telah mengantongi ijin Amdal tinggal menyelesaikan tahap akhir salah satunya ijin eksploitasi ke Gubernur dan Bupati. (don/uut)

 

Wed, 3 Sep 2014 @07:10