Dirlantas Polda Jateng: Kita Tindak Tegas Anggota Yang Lakukan Pungli

image

 

SEMARANG,BORGOL.COM_ 9 oknum polisi yang terbukti melakukan pungutan liar di Jembatan Comal Kabupaten Pemalang dan Pos Lantas Kalibanteng Semarang langsung di tindak tegas oleh Polda Jateng. Penindakan tegas itu juga dimaksudkan sebagai peringatan kepada anggota lain agar tidak melakukan pungli.

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Istu Hari Winarto mengatakan pihaknya serius menindak anggota yang melakukan kesalahan dalam hal ini pungutan liar. Ia berharap dengan penindakan tersebut bisa membuat efek jera dan tidak diikuti anggota lain.

"Ini peringatan. Ditindak sesuai prosedur hukum. Dengan ditindak itu agar yang lain tidak melakukan. Yang Comal itu juga sudah ditindak internal," kata Istu usai mengikuti upacara HUT RI di Lapangan Pancasila, Simpang Lima Semarang.

Awal Agustus lalu, 10 anggota Satlantas Polres Pemalang diperiksa propam polda Jateng terkait pungli di jembatan Comal. Kemudian 7 diantaranya terbukti bersalah dan ditindak secara internal.

Sementara itu hari Jumat (15/8) lalu lima oknum polisi diperiksa dan dua diantaranya terbukti bersalah melakukan hal serupa di pos Kalibanteng Semarang. Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Djihartono menambahkan pihaknya langsung menindak tegas anggota yang terbukti bersalah dengan melakukan mutasi.

"Langsung saya mutasi. Dan itu baru sanksi administratif, nanti ada sidang disiplin dan kode etik," tegas Djihartono.**RONI/GUS

Tue, 19 Aug 2014 @09:43