Gubernur Dan Kapolda Jateng Dorong Pendidikan Lalu Lintas Masuk Kurikulum

image

Mapolda Jateng,Borgol.Com- Berdasarkan dari keprihatinan aksi Pelanggaran Lalu lintas yang semakin hari korban Laka Lantas di jalan makin Banyak  , Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memandang pentingnya pendidikan berlalu lintas dimasukkan dalam kurikulum. Sehingga pelajar dapat memahami aturan berlalu lintas dengan baik, dan membiasakan tertib berlalu lintas. Dengan begitu, angka kecelakaan dapat ditekan.

”Metode pendidikan berlalu lintas akan dimasukkan ke dalam pikiran siswa dan melekat pada anak-anak. Sehingga paham tentang rambu-rambu jalan. Saya ngeri, data kecelakaan paling tinggi adalah dari pelajar,” katanya, Selasa (13/5).

Hal itu disampaikan dalam rakor persiapan Lebaran 2014, dan penandatangan MoU Pembinaan dan Fasilitasi Kurikulum Pendidikan Berlalu Lintas di  di Mapolda Jateng. 

Ganjar berharap Jawa Tengah juga memiliki taman lalu lintas untuk memberikan pendidikan dini pada anak. Taman tersebut menjadi tempat simulasi anak-anak sebagai pengguna jalan. Sekaligus memahami bermacam-macam rambu lalu lintas sesuai dengan usianya. 

”Praktiknya bisa dilakukan dengan memakai miniatur lalu lintas untuk siswa SD. Untuk remaja seusia pelajar SMP, bisa dengan turun di sirkuit, ditambah sejumlah pertanyaan berlalu lintas. Untuk pelajar tingkat SMA diberikan pendidikan  analisis dengan praktik klasikal maupun outdor,” tambah Ganjar.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol, Pol Noer Ali mengatakan, etika berlalu lintas harus diberikan sejak usia dini. Karena angka kecelakaan di Jawa Tengah, 22 persennya menimpa siswa (pelajar). Sedangkan  34 persen dari seluruh angka kecelakaan menimpa usia produktif.

”Pendidikan berlalu lintas penting diberikan, disertai perangkat  pengajaran yang sudah mulai diberikan dari usia SD sampai SMA. Ini sebagai upaya menekan angka kecelakaan di tingkat pelajar,” katanya,

Dalam acara tersebut selain di hadiri Gubernur Dan Kapolda jateng juga di hadiri dari Kaditlantas Kombes pol  Istu Hari Winarto, Kepala Dinas Pendidikan Jateng ,Dinas Perhubungan Dan seluruh Jajaran  yang terkait.  (tomo)

Thu, 15 May 2014 @07:36