AHIR PELARIAN SANG MANTAN BUPATI

image

Yogya.Borgol.Com- Tim Satgas Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Tim Kejaksaan Tinggi (Kejati) Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil menangkap DPO dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambarawa, terpidana bernama H. Bambang Guritno, SE MM.

"H Bambang Guritno, mantan Bupati Semarang, DPO sejak 2012, dan pada, Jumat, 25 April 2014 sekitar pukul 17.00 WIB diamankan di Komplek Yadara - PJKA, Babarsari, Catur Tunggal, Sleman, Yogyakarta," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Setia Untung Arimuladi, Jumat (25/4/2014) di gedung Kejagung, Jakarta.

Menurut mantan Kejari Jakarta Selatan tersebut, mantan bupati Semarang ini, merupakan terpidana kasus korupsi buku tingkat SD atau MI Kabupaten Semarang tahun 2004, ujar Untung.

Akibat dari perbuatan Bambang Guritno tersebut, menurut Untung, negara dirugikan sebesar Rp3,5 Miliar.

"Kerugian negara sebesar Rp3,5 Miliar tersebut, berdasarkan putusan kasasi Mahkamah Agung RI No.793 K/Pid.Sus/2009, tanggal 21 April 2010. Menjatuhkan pidana penjara selama 1 tahun penjara, denda Rp50 juta subsider satu bulan kurungan," tandasnya. 

"Terpidana ini sudah dipantau selama seminggu oleh tim Kejari Ambarawa. Memang penampilannya berubah karena sekarang berjenggot. Begitu yakin itu DPO, tim Kejari Ambarawa dibantu Kejari Sleman dan Kejati melakukan penangkapan saat mengisi pengajian," ungkapnya.

Menurutnya, ia tinggal di Sleman baru 6 bulan dengan kontrak rumah di kawasan Maguwoharjo. Kegiatan sehari-seharianya keliling masjid untuk mengisi pengajian. "Katanya sudah lama tidak kontak dengan keluarganya. Ia di sini sendirian," ujarnya.
selanjutnya,Terpidana malam ini langsung dibawa ke Semarang. dan akan di masukkan ke Lapas Ambarawa," pungkasya.(bud/uut)

Sat, 26 Apr 2014 @14:12