MUNDJIRIN DI VONIS PERCOBAAN 10 BULAN PENJARA

image

Ungaran.Borgol.Com- Majelis Hakim Pengadilan Negeri Ungaran menjatuhkan putusan selama enam bulan penjara dengan masa percobaan 10 bulan penjara kepada terdakwa Bupati Semarang, Mundjirin. Vonis ini terkait kasus pelanggaran politik uang. Selain itu, Mundjirin didenda Rp40 juta subsidair dua bulan penjara.

Dalam amar putusannya, terdakwa dianggap telah melanggar Pasal 301 ayat (1) jo 89 huruf (c) Undang-undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu Anggota DPR, DPRD, dan DPD.

"Tanggal 22 Maret 2014 silam terdakwa sebagai pejabat publik melakukan kampanye dialogis di Pasar Bandarjo Ungaran," kata Hakim Ketua, Dede Suryati dalam amar putusannya yang dibacakan di Pengadilan Negeri Ungaran, Kamis (24/4).

Dari keterangan saksi, sambung hakim, terdakwa membeli beras 50 kg dan membagi-bagikannya ke pengunjung pasar. Hal itu dilakukan sambil mengajak warga memilih nomor 4 moncong putih dan mencoblos Jokowi sebagai presiden.

"Putusan hakim sesuai dengan tuntutan jaksa yang menuntut terdakwa dengan hukuman serupa," imbuh dia.

Menanggapi putusan itu, kedua belah pihak yaitu terdakwa dan jaksa penuntut umum (JPU) langsung menerima putusan majelis hakim.

"Kami akan pikir-pikir dulu mengajukan kasasi. Kewenangan ada di Kepala Kejaksaan," kata JPU, Harimurti.

Usai persidangan, Mundjirin mengaku sebenarnya keberatan dengan putusan hakim tersebut. Jika sidang masih terus berlanjut, maka banyak tugasnya sebagai pemimpin daerah bakal tertunda.

"Saya menerima saja putusan hakim dan tidak berlama-lama menjalani proses persidangan," ucap dia.

Sebagai pejabat publik, dia mengaku banyak pekerjaan yang harus tidak bisa ditinggalkan. Lebih lagi banyak program-program dan menyusun anggaran perubahan 2014. "Kalau banding lagi, kapan kerjanya," tandas dia.

Ke depan, pihaknya akan lebih berhati-hati jika nantinya ditunjuk sebagai juru kampanye dalam pilpres 2014 mendatang.

"Bagi saya berat karena masih ada pilpres. Sebagai kader PDIP nanti berkampanye, harus hati-hati," pungkasnya.(bud)

 

 

Sat, 26 Apr 2014 @14:12