PABRIK AIR ZAM-ZAM PALSU , BERHASIL DI BONGKAR POLISI

image

SEMARANG,BORGOL.COM _Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Jawa Tengah menggerebek dua pabrik pengolahan air zam zam palsu. Lokasinya di Polaman, RT 01/RW 01, Kecamatan Mijen, Semarang, dan di Pekalongan.air zamzam palsu dari dua lokasi   tersebut siap di jual dengan total nilai omset Rp11 miliar lebih. Masing-masing lokasi berada di kecamatan Mijen Kota Semarang sebanyak 7.000 liter senilai Rp11 miliar. Sedangkan di Batang sebanyak 2.000 liter senilai Rp.250 juta.

"Pelaku di Mijen sudah melakukan aksinya dari tahun 2011 dengan omset Rp2,5 miliar, tahun 2012 dengan omset Rp4 miliar, dan tahun 2013 dengan omset Rp4 miliar. Sedangkan di Batang baru satu tahun berjalan dengan omset senilai Rp250 juta," ujar Dir Reskrimsus Polda Jateng  Kombes Djoko Poerbohadijoyo di dampingi Kahumas Kombes Pol. Liliek Darmanato saat gelar perkara di kantor Ditreskrimsus Polda Jateng, Banyumanik-Semarang, Kamis (16/1/14)

Dia mengungkapkan modus pelaku menggunakan air artesis yang diambil dari bawah tanah yang ditampung ke bak penampungan untuk disuling dan difilter. Selanjutnya, air dikemas dalam kemasan botolan bermerk 'Safewrap' dengan mesin press layaknya air zamzam asli dari tanah suci.

"Terkadang pelaku juga memakai air isi ulang galon kelilingan yang dijual Rp4-5 ribu," ujarnya.

Diketahui, dua pelaku berinisial (TH) dan (HD) merupakan keturunan orang arab. Mereka sudah memasarkan dengan kemasan dan merk yang sama di Solo, DIY, Surabaya, Jakarta, Tasikmalaya dan Semarang. Setiap dirijen berisi 10 liter seharga Rp140 ribu.

"Mereka baru menjalani pemeriksaan dan ditahan. Termasuk sembilan orang karyawan di lokasi Mijen menjadi saksi. Sampai saat ini, petugas masih melakukan uji kandungan air zam-zam palsu," ujar dia.

Ia menuturkan terbongkarnya praktik pabrik air zamzam palsu berawal dari laporan masyarakat. Petugas berusaha memancing untuk membeli dengan jumlah banyak. Setelah di lokasi pemilik, ternyata dibelakang rumahnya banyak dirijinan air zamzam bertumpukkan. 
"Lalu timbul kecurigaan petugas. Kok bisa air zamzam sebanyak ini. Itu dari mana di dapat.

Di himbau  bagi Masyarakat, khususnya Jama,ah Rombongan Umroh maupun Haji  untuk lebih hati- hati dan mewaspadai peredaran air zam zam palsu ini   karena peredaranya sudah sampai ke Embar kasi 2 Haji ujarnya


Akibat memalsukan air zam zam, pelaku akan dijerat Undang-Undang (UU) Perindustrian Nomor 5 Tahun 1984, UU Pangan Nomor 18 Tahun 2012, dan UU Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999.**Tomo

 

Fri, 17 Jan 2014 @09:16