Jual Ribuan Solar Subsidi, SPBU Ngabul Jepara Di Stop Pasokan BBM

image

Jepara, Borgol.Com_ Menindak lanjuti laporan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Aliansi Indonesia berkait dengan kecurangan yang dilakukan SPBU 44.594.04 Ngabul Kabupaten Jepara pertamina telah mengambil tindakan tegas.  

Sebelumnya diketahui SPBU nakal tersebut dilaporkan lantaran melayani pembelian solar bersubsidi dalam jumlah ribuan liter yang diduga akan dijual kembali pada industry.

Sementara itu   Humas Marketing dan External Pertamina Jateng – DIY, Robert MV.
“Saat ini SR (Sales Representatif) BBM menyampaikan, jika memang terbukti ada penyelewengan nantinya SPBU di tugu batas masuk Kota Jepara itu akan diberikan sangsi dan pembinaan.

Dan terbukti   setelah melakukan cek lokasi dan verifikasi serta kroscek di lapangan akhirnya PT. Pertamina telah memberikan  peringatan   untuk SPBU nakal ini, yaitu dengan menghentikan sementara pasokan BBM Bio Solar   selama 30 hari, terhitung mulai tanggal 09 Desember sampai 09 Januari 2014.

“Tentunya pembinaan yang diterapkan juga harus dapat dipertanggungjawabkan dan tidak cacat hukum,” terang Robert.

Seperti   diberitakan sebelumnya, jika SPBU  44.594.04 Ngabul melayani pembelian solar bersubsidi dalam jumlah ribuan liter. Modusnya, dengan menggunakan truck yang bermuatan tangki ditutup terpal.

Maryadi, Ketua LSM Aliansi Indonesia menyampaikan, pembelian dalam jumlah besar tersebut mendapat kawalan oknum yang mengaku anggota brimob. Dari laporan masyarakat, Maryadi menambahkan, ‘ngangsu’ solar dilakukan setiap dua hari sekali.  Waktunya malam hari atau menjelang subuh.

Sementara itu, pemilik SPBU nakal tersebut, Basuni, saat dikonfirmasi melalui sambungan seluler mengaku tidak mengetahui perihal ‘ngangsu’ solar tersebut. Namun dari temuan dilapangan, bahwa ada LSM Jakarta yang akan membantu untuk mencabut sanksi yang diberikan kepada SPBU milik Basuni tersebut, karena itu dirinya diminta ke Jakarta, demikian info   yang di dapat wartawan Borgol di lapangan. selanjutnya tim Borgol akan memantau jalannya kasus ini hingga tuntas. **Luluk/Badri

 

Sat, 14 Dec 2013 @14:12